Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

Monday, January 7, 2013

Beberapa Cara Menghilangkan autorun.inf

Hai !! Kawan-kawan yang senang bergulat dengan IT pasti tau dengan yang namanya virus. Yap, kali ini ada satu jenis virus (worm sebenarnya) yang menyebalkan dan sering menyebar lewat flashdisk, namanya autorun.inf. Autorun.inf ini menyebar di OS Windows, jadi para pengguna OS lain bisa bernapas lega (virus OS lain padahal lebih berbahaya ^_^). Jadi, berikut ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan autorun.inf, manual atau menggunakan program.

Menggunakan Cara Manual
Kita dapat menghilangkan worm autorun.inf dengan cara manual atau tanpa program sama sekali, caranya ya cukup mudah sih berikut ini cara-caranya :
1. Nyalain komputer, lalu boot dengan menggunakan Safe-Mode (biasanya teken F8).
2. Setelah boot, buka cmd.exe ( Start --> Run --> cmd ).
3. Ketikkan partisi (kayak F:, C:, gitu deh) tempat virus itu bersarang, contohnya kalo disini F:.
4. lalu ketikkan attrib -r -a -s -h.
    -r itu untuk menghilangkan "read-only" (cuma bisa dibaca, virusnya curang)
    -a itu untuk menghilangkan "archive" (kurang tau, archive kalo gak salah artinya folder gitu)
    -s itu untuk menghilangkan "system" (jadi biar bisa dihapus, virus emang curang)
    -h itu untuk menghilangkan "hidden" (virus nya tersembunyi, gak keliatan di Windows Explorer)
5. lalu ketikkan del autorun.inf (atau kalo lebih spesifik del autorun.inf/con/aux lalu del autorun.inf/con lalu del autorun.inf)
6. Selesai !
Kalau yang terkena virus itu adalah flashdisk, langsung cabut flashdisk nya (ga usah safely remove), kalo harddisk internal langsung reboot (restart).
Namun gak semua virus autorun.inf bisa dihapus dengan cara manual seperti diatas (yang saya juga seperti itu -___-), jadi ada cara kedua yaitu menggunakan program.
Menggunakan Cara Program
Cara nya gampang gausah panjan-panjang cari aja di google "Autorun.inf Remover Free" atau kata-kata kunci lainnya lalu ikutin cara-cara untuk menginstall nya di komputer anda, lalu selesai !!!
Namun kalo ditemukan setelah mencoba beberapa program tapi tetap tidak ke hapus juga, itu namanya nasib (seperti saya juga seperti itu), jadi biarkan dan tunggu perkembangan lebih lanjut !! Bye !!

0 comments:

Post a Comment