Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

Monday, December 31, 2012

Awas Ada Flame !


Hai semua! Kali ini kita bakalan ngomongin tentang Malware yang baru-baru ini ditemukan kira-kira bulan Mei 2012. Yap, namanya Flame ! Yuk kita lanjut !

Apa itu Flame?

Flame adalah sebuah Malware yang ditemukan oleh MAHER Center of Iranian National Computer Emergency Response Team atau CERT pada tanggal 28 Mei 2012, yang beroperasi pada sistem operasi (OS) Microsoft Windows. Menurut “Kaspersky Lab”, Flame adalah Malware yang paling rumit yang pernah mereka teliti dan pernah ada.

Bagaimana cara kerja Flame?

Flame bekerja sebagian besar hanya untuk Espionage, yaitu Flame dapat merekam suara, screenshot (gambar Print Screen), aktifitas Keyboard (seperti mengetik,
mengupil membuka password, dan lainnya), dan juga lalu lintas jaringan. Flame juga dapat merekam percakapan Skype. Flame dapat merubah alat yang
digigit diinfeksinya menjadi pemancar Bluetooth dan mengambil data dari alat-alat yang memiliki fasilitas Bluetooth lainnya. Semua data tersebut lalu dikirim kepada Command and Control Server (C&C Server) yang tersebar di seluruh Asia, Eropa dan Amerika.
Flame menyebar dengan cara Local Area Connection (LAN) dan juga melalui USB (Flashdisk, kabel data, dan lainnya). Ketika Flame selesai menyelesaikan tugasnya, Flame dapat melakukan fungsi “Kill” yang menghapus semua jejak yang dihasilkan oleh Flame dan “membunuh dirinya sendiri’.

So, kalau nggak mau data-datamu diambil oleh si Flame ini, kalo nyalain Bluetooth jangan lupa dimatiin ya !!

0 comments:

Post a Comment